Panduan Parade Bahasa Arab 2015



KATA PENGANTAR

                Segala puji kami panjatkan kepada Allah SWT atas anugerah-Nya sehingga kami dapat mngadakan acara Parade Bahasa Arab dalam kepengurusan Himpunan  Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa Arab. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda Nabi Muhammad Saw. Acara ini diselenggarakan untuk megapresiasi kepandaian pelajar  tingkat SMA/MA/ Pondok pesantren/ Sederajat dalam pembelajaran Bahasa arab. Hal ini juga untuk mengapresiasi keindahan Bahasa Arab yang merupakan bahasa resmi di PBB sejak tahun 1973.
            Terima kasih kami ucapakan kepada prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN PEKALONGAN yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Dan tak ketinggalan juga kepada Ketua Jurusan Tarbiyah, Ketua STAIN PEKALONGAN, peserta lomba SMA/MA/Pondok Pesantren Sederajat yang turut berpartisipasi dalam Parade Bahasa Arab (PBA) ini, semoga kita semua dapat mengambil manfaat dalam acara ini.


Pekalongan, 16 Oktober 2015


Panitia PBA 2015













DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................ i
DAFTAR ISI.............................................................................. ii
Pendahuluan................................................................................ 1
Nama dan Tema Kegiatan........................................................... 2
Tujuan.......................................................................................... 2
Sasaran ....................................................................................... 3
Waktu dan Tempat...................................................................... 3
Deskripsi Acara........................................................................... 3
Penyelenggara............................................................................. 3
Ketentuan-ketentuan................................................................... 3
Penutup....................................................................................... 11
Lampiran-lampiran.......................................................................12























PENDAHULUAN

Mengacu pada pengembangan sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh, melalui berbagai upaya proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa, agar generasi muda berkembang secara optimal disertai dengan hak dukungan dan lindungan sesuai potensinya. Maka sebagai pengemban nama kaum terpelajar, kami para mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang berada di lingkungan STAIN PEKALONGAN berusaha untuk mengembangkan potensi dalam berbahasa Arab sebagai salah satu upaya kami untuk ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, sementara Al-Qur’an didalamnya terdapat berbagai disiplin ilmu yang kan sangat berarti jika kita dapat mengalinya dengan kemampuan berbahasa Arab yang kita miliki. Jika ini menjadi satu bongkah berlian untuk pendidikan, maka akan dapat memberikan kontribusi besar untuk kemajuan pendidikan khususnya dan dalam setiap sektor kehidupan umumnya. Akan tetapi satu hal yang memprihatinkan bagi kita adalah bahwasanya keberadaan bahasa Arab di Indonesia ini belum mempunyai pengaruh yang signifikan dibandingkan bahasa-bahasa lainnya, padahal dengan bahasa Arab kita dapat membuka kunci-kunci keberhasilan yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.
Norman Vincent Peale  didalam bukunya yang berjudul “Anda Pasti Bisa Bila Anda Pikir Bisa”, menyebutkan bahwa : ‘Motivasi tertinggi adalah motivasi spiritual”. Bahasa Aarab memang identik dengan islam, karena segala sesuatu dalam islam mencakup sumber dan pelaksanaan ibadah semuanya menggunakan bahasa Arab. Jika dengan bahasa Arab dapat memperdalam pemahaman terhadap islam, maka islam dapat mencapai kemajuan peradaban dan kesejahteraan. Untuk mencapai semua itu, masyarakat terlebih dahulu harus dapat menaruh minat terhadap bahasa Arab.
Bagi bangsa Indonesia dengan mayoritas penduduknya yang beragama islam ini dapat menjadi modal besar untuk mengeluarkan Indonesia dari keterpurukan. Ini membutuhkan satu upaya yang membumi dimasyarakat sehingga menjadi satu gebrakan yang menginspirasi mereka untuk terus mengembangkan potensi. Jiak hal ini tidak dilakukan, maka sampai kapan kita harus menunggu negeri kita tercinta ini bangkit dari keterpurukannya karena pada kenyataanya sampai dengan detik ini, negara kita hanya dijadikan sebagai tempat eksploitasi tanpa produksi.
Dengan demikian, sebagai bagian dari masyarakat muda Indonesia, kami bermaksud hendak mengadakan acara yang kami beri nama PARADE BAHASA ARAB (PBA) 2015. Acara PBA 2015 ini merupakan salah satu keiatan yang bertujuan mmberikan bahasa Arab dikalangan pelajar pada khususnya dan masayarakat Indonesia pada umumnya, dengan harapan dapat menjadi satu motivasi untuk meningkatkan kualitas diri dengan mengembangkan potensi dalam bahasa Arab dan Seni. Kegiatan ini lebih menitikberatan pada unsur kebahasa-Araban dan Seni Islam serta implementasinya dalam pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab (HMPS PBA) STAIN PEKALONGAN.

NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini  dinamakan PARADE BAHASA ARAB (PBA) 2015, pada kegiatan kali ini, kami dapat mengangkat tema “ Aktualisasi Bahasa Arab Sebagai Sumber Ilmu” yang mempunyai makna bahwa betapa pentingnya penguasaan Bahasa Arab sebagai sarana atau alat untuk menggali sumber ilmu pengetahuan yang masih jarang tersentuh oleh banyak kalangan dan tentunya dengan Bahas Arab juga seyogyanya kita sebagai kaum akademisi mampu menopang kemajuan zaman dengan bersaing diera globalisasi.
                                              TUJUAN
Tujuan dari kegiatan PARADE BAHASA ARAB (PBA) 2015  ini adalah :
1.      Memperkenalkan pendidikan bahasa Arab kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kaserisedenan pekalongan.
2.      Meningkatkan kualitas pelajar SMA/MA/Pondok Pesantren/ sederajat di Indonesia dalam penguasaan bahasa dan Pendidikan bahasa Arab.
3.      Memberi motivasi belajar bahasa, pendidikan bahasa Arab pada siswa SMA/MA/Pondok Pesantren/Sederajat.
4.      Terjalinnya persahabatan antar siswa SMA/MA/Pondok Pesantren/ Sederajat dari berbagai daerah SE-KARISIDENAN PEKALONGAN.
5.      Memberikan kesempatan bagi siswa/santri untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang seni, dan keilmuan berkaitan dengan Bahasa Arab dan Budaya Timur Tengah.


SASARAN

Sasaran dari diadakannya acara ini adalah :
1.      Siswa SMA/MA/sederajat Se-Karesidenan Pekalongan
2.      Santri Se-Karisidenan Pekalongan.
                                            WAKTU DAN TEMPAT
Hari & tanggal      : Sabtu, 28 November 2015
Tempat                  : STAIN PEKALONGAN
DESKRIPSI KEGIATAN

            Sesuai dengan tema kegiatan PARADE BAHASA ARAB (PBA)2015,
 “ Aktualisasi Bahasa Arab Sebagai Sumber Ilmu” , maka kami akan mengadakan lomba olah kemampuan bahasa seperti Pidato, Puisi, Kaligrafi, baca kitab kuning, lagu pop Arab, lomba cerdas cermat. Bagi tingkat SMA/MA/Pondok Pesantren/sederajat Se-Karisidenan Pekalongan, yang semuanya disampaikan dalam Bahasa Arab.
PENYELENGGARA

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN PEKALONGAN sebagai panitia pelaksana dengan dukungan penuh Ketua jurusan Tarbiyah, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab, dan Ketua Stain Pekalongan.
KETENTUAN
I.                   Acara
Perlombaan
Tingkat SMA/MA/Pondok Pesantren/ sederajat.
II.                Perlombaan
1.      Kategori Lomba siswa/santri
Lomba kategori siswa/ santri diikuti oleh siswa SMA/MA/Sederajat dan Santri/ sederajat.
Lomba ketegori siswa/ santri terdiri atas :
a)      Pidato Bahasa Arab
b)      Membaca Puisi Bahasa Arab
c)      Kaligrafi
d)     Lagu Pop Arab
e)      Lomba Cerdas cermat
f)       Lomba Qiroatul Kutub

2.      Ketentuan Umum Peserta Lomba siswa/ santri
a.       Peserta adalah siswa/ santri yang terdaftar dan berstatus aktif pada  sekolah tertentu, dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar/santri dan foto copy transkrip nilai/rapor terakhir.
b.      Peserta adalah siswa SMA/MA/Pondok Pesantren/ Sederajat yang terdapat bahasa arab disekolahnya.
c.       Peserta harus didaftarkan dan tergabung dalam Tim Sekolah/tim pondok pesantren yang bersangkutan.
d.      Tiap sekolah 2 delegasi tiap kategori lomba dan untuk LCC yang terdiri dari 1 tim (3 orang) delegasi yang bersangkutan.
e.       Batas usia bagi peserta minimal 15-21 Tahun.
f.       Mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran beserta aplikasinya, selambat-lambatnya tanggal 15 November 2015 atau datang langsung ke sekretariat PBA.
g.      Aplikasi yang harus disertakan adalah :
a)      Fotocopy kartu pelajar atau kartu santri
b)      Surat rekomendasi atau surat tugas yang dikeluarkan oleh kepala sekolah atau wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.
h.      Nomor urut peserta ditentukan melalui pengundian pada saat technikal meeting, 2 hari sebelum pelaksanaan acara PBA ditempat yang telah ditentukan.
i.        Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian acara yang diselenggarakan sesuai dengan yang tercantum dalam pedoman ini.
j.        Peserta dipanggil sesuai dengan nomor urut, apabila dipanggil tiga kali berturut-turut tidak ada, maka dinyatakan gugur.
k.      Peserta dinyatakan gugur apabila tidak memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam pedoman ini.
l.        Apabila ada hal-hal yang bersifat mendesak wajib konfirmasi kepada panitia.
3.      Official   
a.       Official adalah mereka yang tidak ikut berlomba dan merupakan personil dalam Tim yang mempunyai tugas tertentu dalam menun jang keperluan para peserta lomba.
b.      Official dapat berasal dari pembimbing atau pendamping siswa/santri


4.      Ketentuan masing-masing lomba
a.      Lomba puisi SMA/ MA/ PONDOK PESANTREN/ SEDERAJAT.
-          Lomba puisi merupakan cabang lomba kategori siswa, yaitu siswa/i/santri membaca puisi dalam bahasa arab dengan teks yang telah ditentukan.
-          Jumlah peserta yang dikirim oleh sekolah atau pondok pesantren maksimal 2 orang dengan ketentuan boleh putra atu putri.
-          Peserta adalah perorangan dengan ketentuan peserta diperbolehkan tampil dengan pengiring dalam menunjang penampilan peserta.
-          Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 35.000,00-
-          Teks puisi yang dibawakan sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu :
o   احب ولكن
o   لا تطع النفس
-          Tema terpilih diberitahukan kepada panitia selambat-lambatnya pada saat technikal meeting.
-          Penetuan urutan tampil sesuai dengan pengundian yang dilakukan pada saat technikal meeting, 2 hari sebelum hari pelaksanaan acara PBA.
-          Lomba terdiri atas 1 babak.
-          Waktu yang diperkenankan untuk peserta maksilam 7 menit. Dengan tanda waktu yang ditentukan :
(tanda hijau: lomba dimulai, tanda kuning : waktu tersisa 2 menit, tanda merah: waktu habis)
-          Pemenang lomba diumumkan pada saat penutupan acara PBA.
-          Keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
-          Peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dan tidak berhak atas fasilitas yang disediakan panitia.
-          Kriteria penilaian dalam kategori ini, yaitu:
a.       Pelafalan
b.      Kefashihan
c.       Penghayatan
d.      Intonasi
e.       Mimik & Ekspresi
f.       penampilan
Contact person  :  Inayatul Aini  ( 085292592029)
b.      Lomba pidato SMA/MA/PONDOK PESANTREN/ SEDERAJAT
-          Lomba pidato merupakan cabang lomba kategori siswa/ santri berpidato dalam bahasa Arab dengan tema yang telah ditentukan.
-          Jumlah peserta yang dikirim oleh sekolah/ pondok pesantren maksimal 2 orang dengan ketentuan 1 oarang siswa/ santri putra dan orang siswi/ santri putri.
-          Peserta menggunakan pakaian rapi, bersih dan sopan.
-          Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 35.00,00-/peserta.
-          Peserta perbolehkan membawa alat peraga/pembantu.
-          Teks pidato yang dibawakan adalah hasil pemilihan peserta terhadap tema-tema yang telah ditentukan.
1.      Peran Pemuda Terhadap Pelestarian Budaya
2.      Bahasa Arab Sebagai Sumber Ilmu
-          Teks pidato diketik pada kertas A4 dan fotocopy sebanysk 3 rangkap serta wajib diserahkan pada saat technical meeting.
-          Lomba terdiri atas 1 babak.
-          Peserta yang tidak hadir setelah 2 menit pemanggilan diletakkan pada urutan terakhir untuk dipanggil kemudian, dan dinyatakan gugur jika tidak hadir juga setelah 2 menit pemanggilan kedua.
-          Peserta menyampaikan pidato dengan durasi maksimal 7 menit dengan tanda waktu yang telah ditentukan.
(tanda hijau: lomba dimulai, tanda kuning: waktu tersisa 2 menit, tanda merah: waktu habis).
-          Penentuan urutan tampil sesuai dengan pengundian yang dilakukan pada saat technikal meeting, 2 hari sebelum pelaksanaan acara PBA peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dan tidak berhak atas fasilitas yang disediakan panitia.
Contact person: M. Fatkhul Mubin (085786499900)

3.      Lomba kaligrafi SMA/MA/ PONDOK PESANTREN/   SEDERAJAT
-          Lomba kaligrafi merupakan cabang lomba kategori siswa/ santri dalam bahasa Arab dengan content yang telah ditentukan.
-          Jumlah peserta yang dikirim oleh sekolah/ pondok pesantren maksimal 1 orang dengan ketentuan siswa/ santri putra/putri.
-          Peserta dapat menggunakan maksimal 3 macam khot (diwani, tsuluts, dan naskhi) dan dapat menggunakan semua jenis ornamennya
-          Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 35.00,00-./peserta.
-          Peserta mengenakan almamater dari sekolah atau pondokpesantren masing-masing.
-          Peserta bertanggung jawab atas peralatan kaligrafinya masing-masing, panitia hanya menyediakan papan triplek berukuran 40 x 40 cm.
-         Content kaligrafi yang ditulis oleh peserta yaitu  salah satu pilihan yang tertera dibawah ini:
1. خير كم من تعلم القرأن و علمه
2. من عرف بعدالعسر استعد
3. فبأىّ الاء ربكما تكذّبان
- hasil karya peserta menjadi milik panitia dan tidak dapat dikembalikan.
- lomba terdiri atas 1 babak.
- waktu lomba 4 jam.
- pemenang lomba diumumkan pada saat penutupan acara PBA.
- keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
-  Peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dan tidak berhak atas fasilitas yang disediakan panitia.
Contact person : Arif Darmawan (085742454546)

4.      Lomba Qirotul kutub SMA/MA/ PONDOK PESANTREN/   SEDERAJAT
-          Lomba Qirotul kutub merupakan cabang lomba kategori siswa/ santri.
-          Jumlah peserta yang dikirim oleh sekolah/ pondok pesantren maksimal 2 orang dengan ketentuan bisa putra/putri.
-         Peserta membacakan kitab عظة النشئين sesuai dengan judul yang diambil. Diantara judul pebahasan yang akan dibacakan adalah sebagi berikut :
Ø الآقدام hal   5  
Ø اليأس  hal 16
Ø الشجاعه hal 30
Ø الحريه Hal 86
Ø المكذب والصدق hal 109
Ø الأعتدال hal 112
Ø الجود hal 115


-          Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 35.00,00-./peserta
-          Peserta menggunakan pakaian bersih, rapi, dan sopan.
      -      Lomba terdiri atas 1 babak.
- setiap peserta diberi waktu membaca dan menjelaskan pembahasannya selama 10 menit, setelah menit ke-7 panitia akan memberikan aba-aba pertanda dimulainya tanya jawab dan diskusi.
- keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
- pemenang lomba diumumkan pada saat penutupan acara PBA.
-  Peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dan tidak berhak atas fasilitas yang disediakan panitia.
Contact person : Erva Rosida ( 085600561412)


5.      Lomba Lagu Pop Arab SMA/MA/ PONDOK PESANTREN/   SEDERAJAT
-          Lomba Lagu Pop Arab merupakan cabang lomba kategori siswa/ santri yang telah mendapatkan rekomendasi dari kepala sekoalah/ pondok pesantren dibuktikan dengan surat rekomendasi.
-          Jumlah peserta yang dikirim oleh sekolah/ pondok pesantren maksimal 2 orang dengan ketentuan bisa oarang siswa/ santri putra/putri.
-          Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 35.00,00-./peserta
-          Peserta menggunakan pakaian bersih, rapi, dan sopan.
-  untuk instrumen lagu, peserta dapat mendownload secara individu dan membawanya saat perlombaan dilaksanakan
- peserta membawakan lagu wajib dan satu lagu pilihan dari yang telah disebutkan dibawah ini pada saat pelaksanaa lomba.
ü  Wajib : mahar zain (artis) = assalamu’alaik ya Rasulullah (judul lagu)
ü  Pilihan : mahar zain (artis) = Insya Allah (judul lagu)
Nancy ajram (artis)=   inta eih
Cairokee dan Aida el-Ayoubee (artis) = Ya El-meidan

- keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
- pemenang lomba diumumkan pada saat penutupan acara PBA.
- peserta menyerahkan soft file teks lagu yang akan dibawakan melalui e-mail hmpspba.stainpkl@gmail.com denagn format subjek teks nyanyi arab pba 2015_nama peserta. Paling lambat tanggal 25 November 2015.
- peserta diberbolehkan mengguanakn alat musik maupun properti yang dibawa oleh peserta, dan panitia hanya menyediakan laptop, Mic, dan Sound system.
- lomba melewati 1 tahapan.
- peserta dipanggil sesuai nomer urut.
-  Peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dan tidak berhak atas fasilitas yang disediakan panitia.
Contact person :  Indah Setiawati (085742392494)

6.      Lomba Cerdas Cermat SMA/MA/ PONDOK PESANTREN/   SEDERAJAT
-          Lomba cerdas cermat merupakan cabang lomba kategori siswa/ santri.
-          Jumlah peserta yang dikirim oleh sekolah/ pondok pesantren  adalah 1 tim (terdiri 3 orang) yang telah direkomendasikan dari masing-masing sekolah/pondok pesantren.
-          Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 60.000,00.-/tim
-          Peserta menggunakan pakaian bersih, rapi, dan sopan.
      - lomba terdiri atas 2 babak yakni :
ü  Babak penyisian
ü  Babak final
Babak Penyisian
Ketentuan :
-       Ketentuan penilaian : Betul ( +4), salah ( -1 ), kosong ( 0 )
-       Soal berupa pilihan ganda 100 Soal
-       Materi yang dilombakan adalah :
ü  Kebahasaan (Nahwu, Sharaf, Tarjamah dan Muradhif)
ü  Wawasan KeIslaman
ü  Pengetahuan Umum

Babak Final
Terdiri dari 5 kelompok yang memperoleh nilai tertinggi dibabak sebelumnya. Kemudian dipanelkan dalam bentuk Cerdas Cermat terdiri dari empat babak :
1.      Soal wajib                : - setiap kelompok diberi masing-masing 7 soal. Jika jawaban benar nilai 100, jika jawaban kurang sempurna atau salah, keputusan ditangan juri. Soal dibaca 2 kali.
2.      Soal lemparan          : - setiap kelompok diberi masing-masing 5 soal. Jika jawaban benar (100), jika jawaban salah atau kurang sempurna maka soal dilempar ke kelompok lain. Soal akan dibacakan 2 kali. Kelompok pertama diberi toleransi waktu 30 detik untuk menjawab soal, jika tidak bisa menjawab, maka pertanyaan akan dilempar ke regu selanjutnya dengan toleransi waktu 10 detik.
3.      Soal rebutan             : - Soal berjumlah 20 soal. Soal dibaca 1 kali, jika jawaban benar nilainya 100, jika jawaban salah nilai dikurangi 100.
4.      Soal Permainan       : - ada 3 permainan untuk disajikan pada setiap tim, yaitu permainan Man Ana, tebak kata dan mengolah kata.
- keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
- pemenang lomba diumumkan pada saat penutupan acara PBA.
-  Peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dan tidak berhak atas fasilitas yang disediakan panitia.

Contact person : Achmad Mulyadi (082324123396)

5.      Penjurian
a.       Pengertian
a)      Penjurian adalah ketentuan dan proses penelitian terhadap penampilan dan penyajian peserta lomba, serta penetapan hasil lomba.
b)      Juri adalah perorangan yang melakukan penilaian terhadap penampilan peserta, dan menetapkan hasil lomba.
c)      Dewan juri adalah Tim penilaian yang mencakup seluruh juri.
b.      Pembentukan Dewan Juri
a)      Dewan juri dibentuk menjelang acara PBA da berakhir sampai selesainya acara.
b)      Hal-hal yang dipetimbangkan dalam mengangkat adalh sebagi berikut :
ü  Memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai dengan materi yang akan dinilai.
ü  Mampu bersifat objektif, adil dan bertanggung jawab dalam melaksanakan penilaian.
c.       Tugas Dan Wewenang Dewan Juri
a)      Melakukan penilaian terhadap penampilan peserta.
b)      Menetapkan peserta yang berhak mengikuti babak selanjutnya dalam suatu cabang lomba.
c)      Menetapkan pemenang dalam suatu cabang lomba.
d.      Tugas Dan Wewanang Panitera
a)      Melaksanakan keadministrasian dewan juri.
b)      Mencatat segala sesuatu yang berkaitan dengan penilain lomba.
e.       Penentuan Finalis Dan Pemenang
a)      Finalis dan pemenang ditentukan berdasarkan perolehan nilai dari seluruh aspek penilaian.
b)      Peserta dengan nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang pertama dan seterusnya berdasarkan ranking nilai.
c)      Apabila terdapat 2 atau lebih peserta yang memperoleh nilai yang sama, maka pemenang ditetapkan berdasarkan pada nilai yang tertinggi pada aspek penilaian pertama.

PENUTUP

Demikian buku pedoman ini kamu susun, semoga dapat memberikan gambaran mengenai kegiatam PBA ini. Partisipasi dari semua pihak akan sangat berarti untuk mewujudkan kelancaran serta kesuksesan kgiatan ini. Semoga Allah yang maha Perkasa mencurahkan kelapangan dan keberkahan dalam setiap niat baik disetiap hati hamba-hambanya. Akhirya kami berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Fasilitas peserta Delegasi Kampus :
1.      1x makan
2.      1x snack
3.      Sertifikat

NB : “ Dana bisa dikirimkan melalui Rekening BNI Syariah a.n. Muslimin : 0389886131 - IDR










                          لاتطع النفس

الإمام الشافعي


خَفِ الله وارجوه لكلِّ عظيمة ولا تطع النفسَ اللجوج فنتدما

وكُن بين هاتين من الخوف والرَّجا   وأبشر بعفوِ الله إن كنتَ مُسلما

ولمَّا قَسا قلبي وضاقت مذاهبي        جعلتُ الرَّجا منِّي لِعفوِكَ سلَّما

إليكَ إله الخلق أرفع رغبتي            وإن كنتُ يا ذا المن والجودِ مجرما

تعاظمني ذنبي فلمَّا قرنتُهُ                بعفوك ربي كان عفوكَ أعظَما

فما زلت ذا عفوٍ عنِ الذَّنب لم تزل    تجودُ وَتعفو منّةً وتكرُّما

فإن تَعفُ عنِّي تعفُ عن متمرّدٍ        ظلومٍ غشومٍ حين يلقاك مُسلما

وإن تنتقم مني فلستُ بآيسٍ            ولو أُدخِلَت نفسي بجرمي جَهنَّما

فجرمي عظيمٌ من قديمٍ وحادثٍ         وعفوُكَ يا ذا العفوِ أعلى وأجسَما

فَلَولاك لم يصمُد لإبليس عابد           فكيفَ , وقد أغوى صَفيَّك آدما

فيا ليت شعري هل أصيرُ لجنّةٍ       أُهنّا وإمَّا للسّعيرِ فأندما

فلله درُّ العارفِ النّدب إنهُ               تفيضُ لفرطِ الوَجدِ أجفانه دما

يُقيمُ إذا ما الليلُ مدَّ ظلامهُ              على نفسِهِ من شدَّةِ الخوفِ مَأتَما

فصيحاً إذا ما كانَ في ذِكرِ ربهِ         وفيما سواهُ في الوَرَى كانَ أَعجَما

ويذكرُ أياماً مَضَت من شبابِهِ           وما كانَ فيها بالجهالةِ أجرَما

فصارَ قرين الهم طولَ نهارِه ِ            أخا السَّهدِ والنَّجوى إذا الليلُ أظلما

يقول : حبيبي أنت سُؤلي وبُغيًتِي     كَفَى بك للرّاجينَ سؤالاً ومَغنما
ألستَ الذي غذيتني وهديتني            ولا زلتَ منَّاناً عليَّ ومُنعِما
عَسَى مَن له الإحسانُ يغفرُ زلَّتي      ويسترُ أوزاري وما قد تقدَّما

 







احبّ ..... ولكن
الشاعر : توفيق زياد


احبّ..... ولكن
 احبّ لو استطعت بلحظةٍ
أقلب الدنيا لكم: رأسًا على عقب أن

وأقطع دابر الطغيان

أحرق كل مغتصبِ
وأوقد تحت عالمنا القدم
جهنما, مشبوبة اللّهبِ
وأجعل أفقر الفقراء يأٌكل في
صحون الماس والذهبِ
ويمٌشي في سرا ويلٌ
الحريرالحرّوالقصبِ
وأهدم كوخه.. أبني له
قصرا على السُحُبِ
أحبّ لو استطعت بلحظة
أن أقلب الدنيا لكم رأسًا على عقبِ
ولكن للأمور طبيعة
أقوى من الرغبات والغضب
نفاذ الصبرِ يأٌكلكم فهل
أدى إلى إرَبِ ؟؟
صمودًاايهٌا الناس الذين أحبهم
صبرا على النُوَبِ
ضعوابين العيون الشمس
والفولاذ في العصب
سواعدكم تحقق أجمل ااحلام
تصنع أعجبا لعَجَبِ

















                                                         


FORMULIR PENDAFTARAN
“PARADE BAHASA ARAB”
PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAIN PEKALONGAN

Nama                                                            :
Jenis Lomba                                      :
Alamat                                              :
Nama Sekolah/ pondok pesantren    :
Alamat Sekolah/Ponndok Pesantren            :
Kontak Person                                  :

                                                                                              Pekalongan,...... Oktober 2015

                                                                                    Peserta


(.....................................)


NB:
·         Formulir ini dapat diperbanyak jika diperlukan
·         Batas akhir pengumpulan formulir ini adalah H-2 sebelum acara dimulai dan sesudah melunasi administrasi

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda disini...